Cara Membuat Logo Perusahaan
Logo merupakan salah satu desain komunikasi, jadi pastikan tujuan perusahaan Anda jelas ditetapkan sebelum menentukan desain logo perusahaan. Perjelas tentang pesan yang ingin disampaikan merek Anda sehingga logo dapat dengan jelas mencerminkan pesan itu.
Logo harus mencerminkan profesionalisme dan jangan terpatok pada pertumbuhan, seberapa kecil atau besar perusahaan Anda. Misalkan bisnis Anda adalah pelatihan karyawan maka logo Anda harus mencerminkan visi-misi dari lembaga pelatihan karyawan yang Anda miliki
Berikut yang bisa dilakukan sebagai cara membuat logo perusahaan atau produk
Cari Referensi Logo
Carilah referensi logo sebanyak mungkin di internet. Tujuannya bukan untuk menjiplak, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, Anda akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip dengan yang lain.
Pahami Visinya
Setiap bisnis memiliki latar belakang. Pasti ada seluk beluk kenapa bisnis tersebut berdiri. Untuk memudahkan proses desain logo, Anda harus memahami visi dan misi bisnis yang dijalankan, serta memahami keunggulan dan karakteristik dari brand. Dengan demikian, desain logo yang dibuat dapat menunjukkan identitas brand dengan tepat. Karena logo adalah salah satu bentuk penyampai pesan visi dan misi bisnis tersebut.
Membuat Sketsa
Rancanglah beberapa sketsa sebagai alternatif. Dengan membuat sketsa terlebih dahulu, Anda bisa mengeksplorasi desain dan jadi punya gambaran bentuk logo yang mana yang paling baik untuk dikembangkan.
Memiliki Filosofi
Pembuatan logo juga memperhatikan warna. Ada yang satu warna, ada yang beberapa warna. Sebaiknya, bentuk dan warna tersebut memiliki filosofi tersendiri yang dapat mengungkapkan nilai suatu brand. Sebab filosofi dalam logo memberikan makna yang mendalam sehingga lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh arti.
Sederhana
Logo tidak harus menampilkan nama merek dan slogan, tapi cukup dengan gambar. Seperti logo Twitter yang berbentuk gambar burung, atau logo Apple yang berbentuk buah apel yang tergigit di sisi kanannya. Jadi, tak harus membuat logo yang rumit bentuknya jika brand Anda bisa direpresentasikan ke dalam logo yang desainnya sederhana agar mudah diingat dan dikenang. Sedangkan desain yang rumit, belum tentu menarik dan keren.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!