Dalam organisasi maupun perusahaan, konflik merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Adanya perubahan atau inovasi dapat menjadi timbulnya konflik, terlebih jika tidak dibarengi dengan pemahaman yang baik terhadap ide-ide baru.
Untuk itu maka konflik yang timbul hendaklah dikelola sehingga dapat menjadi sebuah alat yang digunakan organisasi atau perusahaan dalam proses beradaptasi atas perubahan yang terjadi. Pemimpin organisasi harus bisa mengambil sikap dengan cepat, karena jika tidak segera diatasi akan menyebabkan tersendatnya pertumbuhan organisasi / perusahaan itu sendiri.
Adapun beberapa keuntungan konflik dalam organisasi/perusahaan adalah:
- Sebagai cara meningkatkan semangat kerja dalam menghadapi persaingan
- Sebagai alat untuk mendiagnosa kemungkinan terjadinya masalah
- Memacu kreativitas dalam mencari solusi dan berpikir kreatif
- Menstimulasi karyawan untuk fokus pada tugas
- Mendapatkan feed back atau mendorong individu yang sebelumnya pasif menjadi aktif
- Sebagai pengaman jika konflik sering terjadi
- Menstimulasi munculnya gagasan-gagasan brilian
- Sebagai sarana pembelajaran dalam hal menyampaikan pendapat
Sehingga perusahaan maupun organisasi merasa perlu untuk mengelola konflik yang terjadi, diantaranya tujuan dari mengelola konflik adalah:
- Mencegah gangguan pada anggota organisasi sehingga bisa fokus pada visi dan misi
- Meningkatkan kreativitas anggota organisasi dengan mengambil manfaat atas konflik yang tengah terjadi
- Membangun rasa saling menghormati di antara sesama anggota organisasi serta menghargai adanya keberagaman.
Adapun manfaat mengelola konflik yang didapatkan oleh organisasi / perusahaan dengan baik adalah:
- Mengevaluasi Sistem
Apabila tidak terjadi konflik dalam organisasi, maka tidak akan bisa mengevaluasi pada efektivitas sistem yang diterapkan, sehingga adanya konflik bisa mengidentifikasi apakah sistem telah berjalan dengan baik atau memerlukan sebuah perbaikan.
- Mengembangkan Kompetensi
Adanya manajemen konflik yang baik di suatu organisasi akan mengembangkan kompetensi organisasi tersebut. terlebih pada aspek kompetensi non-teknis. Dengan menerapkan strategi manajemen konflik yang benar, maka kemampuan dari suatu organisasi ketika menangani konflik internal bisa menjadi semakin kuat.
Dengan beragam manfaat dari mengelola konflik tentunya diperlukan pengetahuan maupun skill dari seorang leader yang mampu mengelola konflik dengan baik dan tepat. Hal itu tentunya dapat dipelajari dan terus dilatih, diantaranya dengan mengikuti pelatihan karyawan mengenai manajemen konflik. Improvement Focus® memiliki program pelatihan karyawan mengenai EFFECTIVE CONFLICT MANAGEMENT yang tentunya akan membantu Anda dalam menagani konflik yang terjadi dalam organisasi maupun perusahaan.